Jumat, 27 Agustus 2010

WASPADA ANCAMAN BAKTERI BARU …. NDM - 1

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa pandemi flu babi sudah berakhir. Namun sayang, ada ancaman baru yaitu Infeksi Bakteri NDM-1.

Lancet Infectious Diseases melaporkan bahwa sedikitnya terdapat 50 kasus orang yang terinfeksi oleh bakteri ini. Sejauh ini telah diidentifikasi lebih berisiko dibandingkan dengan bakteri MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus).

Para peneliti mengingatkan bahwa potensi bakteri NDM-1 menjadi endemik di seluruh dunia adalah "jelas dan menakutkan" sehingga perlu mengembangkan obat baru untuk memerangi ancamannya.

APAKAH NDM-1 ?

NDM-1 adalah enzim yang diproduksi oleh bakteri tertentu, yang memungkinkan mereka untuk menetralkan efek berbahaya dari carbapenems, salah satu jenis antibiotik yang paling kuat yang tersedia bagi dokter.

DARI MANA DATANGNYA BAKTERI INI ?

Bisa terlihat dari namanya, New Delhi Metallo-ß-laktamase-1 telah diidentifikasi pada pasien Inggris yang baru saja bepergian ke India atau Pakistan untuk melakukan perawatan medis (kenbanyakan operasi kecantikan). Ketika orang-orang ini kemudian dirawat di rumah sakit di Inggris atau Amerika Serikat, Bacteri NDM-1 ditularkan kepada pasien lain.

APAKAH BAKTERI SUPER ITU ?

Antibiotik adalah senjata kita yang paling efektif terhadap penyakit bakteri seperti tuberkulosis, kolera dan Black Death. Namun, bakteri telah kebal terhadap antibiotik karena mereka pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1930-an. Bakteri ini seperti halnya Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) menggunakan protein yang disebut enzim untuk menetralkan antibiotik.
Para ilmuwan selalu berusaha untuk mengembangkan antibiotik kelas baru untuk memenuhi ancaman super ini. NDM-1, yang membuat bakteri resisten terhadap salah satu kelas antibiotik kita yang paling kuat, carbapenems, tentu sangat mengkhawatirkan, karena saat ini tidak ada jenis antibiotik yang efektif terhadap itu.

APAKAH ANCAMANNYA ?

Enzim seperti NDM-1 Diproduksi oleh untaian DNA bakteri yang berfungsi untuk mentransfer satu sama lain. Saat ini diketahui ada dua bakteri telah menjadi host / tuan rumah enzim NDM-1 yaitu : Escherichia coli dan Klebsiella pneumonia, yang keduanya ditemukan dalam usus manusia dan biasanya tidak berbahaya. Namun, kedua bakteri ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan keracunan darah, sedangkan yang Klebsiella pneumonia, sebagaimana namanya, dapat menyebabkan pneumonia.

Hal yang dikhawatir adalah jika gen untuk memproduksi NDM-1 akan ditransfer ke jenis bakteri yang resisten terhadap semua antibiotik lainnya dan itu mudah menular antara pasien. Perkembangan tersebut akan merupakan sebuah mimpi buruk.

PENCEGAHAN PENYEBARANNYA ?

Pasien yang terinfeksi bakteri NDM-1 dapat diobati dengan antibiotik koktail, hal ini berdasarkan pemikiran bahwa tidak mungkin bakteri bisa resistan terhadap semua dari antibiotik.
Namun, para peneliti telah menemukan setidaknya ada satu bakteri NDM-1 yang resisten terhadap semua antibiotik yang dikenal.

Kunci untuk menghentikan penyebaran jika mengidentifikasi kasus baru adalah selalu menjaga kebersihan di rumah sakit, desinfeksi instrumen medis dan memastikan dokter dan perawat mencuci tangan mereka dengan sabun antibakteri.

INI ADALAH MASALAH GLOBAL NDM-1?

Bakteri yang tersebar luas di seluruh anak benua India dan juga telah dilaporkan di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Belanda dan Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar