Jumat, 12 Maret 2010

Kemenkes Kirim Tim & Vaksin Utk Penanggulangan Rabies di Nias

Untuk menanggulangi penyakit rabies di Pulau Nias, hari ini 8 Maret 2010 Kementerian Kesehatan untuk kedua kalinya mengirimkan tim dengan membawa 75 kuur vaksin anti rabies untuk manusia serta pedoman bahan penyuluhan (KIE). Dengan pengiriman tim ini, diharapkan penyakit rabies di Pulau Nias segera dapat diatasi. Hal itu disampaikan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama untuk mengatasi penyakit rabies di Pulau Nias.

Menurut Prof. Tjandra, Tim pertama Kementerian Kesehatan tiba di Nias tanggal 16 Februari dengan membawa 50 kuur vaksin. Tugas Tim adalah membantu Pemda setempat dalam menanggulangi penyakit rabies diantaranya melakukan pelatihan dan koordinasi dengan Pemda setempat.

Selain itu, hari Minggu (7/3/2010) juga diselenggarakan rapat untuk membahas perkembangan penanggulangan rabies di Nias dipimpin Dirjen P2PL Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama. Rapat dihadiri Staf Khusus Menkes Bidang Percepatan Pembangunan Kesehatan dan Reformasi Birokrasi dr. Indriono Tantoro, MPH, pejabat dari Ditjen Peternakan Kementerian Pertanian dan pejabat dari Perwakilan WHO Indonesia.

Dalam rapat diputuskan, Kementerian Kesehatan mengirimkan Tim dengan membawa serta vaksin dan bahan-bahan penyuluhan (KIE). Selain itu juga membahas koordinasi dengan Ditjen Peternakan Kementerian Pertanian dalam pengendalian penyakit pada sumbernya (hewan penular) dan bantuan WHO untuk bantuan vaksin pada manusia. Kasus rabies di Pulau Nias terjadi sejak November 2009 mengakibatkan 43 orang terkena gigitan hewan penular rabies (GHPR).

Pada 12 Februari berdasarkan pemeriksaan terhadap hewan, diketahui positif rabies pada anjing. Pada tanggal 21 Februari, Ditjen Peternakan Kementerian Pertanian telah mengirimkan tim dengan membawa 50.000 dosis vaksin untuk hewan ke Medan. Dari jumlah itu, sebanyak 10.000 vaksin telah digunakan untuk vaksinasi hewan di Pulau Nias. Seperti diketahui saat ini, Pulau Nias terdiri 5 kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Nias, Kab. Nias Barat, Kab. Nias Selatan, Kab. Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-500567, 30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ,




Sumber : Puskomlik, Depkes RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar