Selasa, 20 Desember 2011

KESEPAKATAN PELATIHAN EWARS 15 DESEMBER 2011

Kepada :
Yth. Kepala Puskesmas
Se. Kabupaten
di Tempat


Menanggapi perkembangan permasalahan kesehatan yang terjadi belakangan ini, diperlukan sensitifitas system surveilans yang mampu menangkap setiap sinyal adanya kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB). Saat ini jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menerapkan Early Warning Alert and Respond System (EWARS) yang berbasis data dari Pelayanan kesehatan di Puskesmas dan jaringannya.

Selaras dengan hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali telah mengadakan pelatihan Early Warning Alert and Respond System (EWARS) bagi petugas surveilans Puskesmas pada tanggal 15 Desember 2011. Dalam pelatihan tersebut, disepakti bahwa :

1. Petugas surveilans Puskesmas mensosialisasikan Sistem Pelaporan Mingguan W-2 / EWARS kepada Petugas Pustu dan Bidan di Desa

2. Petugas Kesehatan di Pustu dan Bidan di Desa setiap hari Sabtu mengisi Format mingguan EWARS berdasarkan buku register harian dan mengirimkan kepada petugas surveilans Puskesmas melalui SMS sesuai kode standart pelaporan EWARS

3. Petugas Surveilans Puskesmas menerima laporan SMS dari pustu dan Bidan Desa dan membuat transkrip setiap SMS kedalam Format mingguan (W-2 baru).

4. Petugas Surveilans Puskesmas mengirim hasil rekapitulasi kepada petugas surveilans Kabupaten pada hari senin paling lambat jam 14.00 WIB melalui line sms nomor :

a. Imam Suhardi, B.Sc : 08562534079

b. Teguh Tri Kuncoro : 085725642694

c. Endi Aris, SKM : 085674047933

5. Data yang dilaporkan dicatat dalam form W-2 baru rangkap dua, satu untuk arsip Puskesmas dan satu lagi untuk dikirim ke Dinas Kesehatan cq Seksi Pencegahan dan Surveilans setiap akhir bulan (data tiap minggu dan tidak diakumulasi) .

6. Petugas yang telah dilatih EWARS pada tanggal 15 Desember 2011 akan melaksanakan kegiatan surveilans di Puskesmas.

7. Dengan dibelakukannya form w-2 baru, maka mulai minggu pertama tahun 2012 Form W-2 lama tidak berkalu lagi. (Form W-2 dapat di download disini)

Demikian hal ini disampaikan untuk dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan dan atas perhatinannya disampaikan terimakasih.

2 komentar:

  1. Salam..
    salut buat Surveilans Kab. Boyolali atas penerapan EWARSnya, semoga makin maju dan sukses. Oh iya, setahun belakangan ini kami tetap memakai format W2 lama disamping penggunaan sistem EWARS.

    BalasHapus
  2. Salam ...
    Terimakasih atas kunjungannya dari Maros ... Mohon dukungannya juga semoga EWARS dapat berjalan lancar di tempat kami ...
    Kami sedikit memodifikasi form laporan W-2 lama sehingga dapt diimplementasikan ke EWARS juga. Harapan kami Puskesmas tidak terbebani dengan laporan yang mirip mirip .. he he ...

    BalasHapus